selamat datang di Magister Akuntansi FE UNS

selamat datang di Magister Akuntansi FE UNS

Minggu, 16 Januari 2011

info admisi....

bagi mahasiswa dan calon mahasiswa MAGISTER AKUNTANSI FE UNS yang kurang mengerti atau kurang paham tentang informasi yang kami berikan di blog ini bisa bertanya langsung ke admisi MAKSI atau lewat blog dengan mengisi kolom komentar..
terimakasih atas perhatiannya
-ADMISI-

5 komentar:

  1. Assalammualaikum WW. Halo sobatku teman Magister Akunatnsi FE UNS Solo......Salam dari Kota gudeg Yogyakarta Ayoo kita sharing wawasan di media ini siiiyaaaaaaap.....Indras WE Wi, Drs. MM

    BalasHapus
  2. Wakil Ketua BPK RI: Prof. Bahrullah Akbar, MBA pernah bercerita ketika beliau ada di Kampus YAI Jakarta di dampingi BPK. Hamdi Hady, doktor bahwa akunatnsi tidak bisa dipisahkan dengan ilmu manajemen maupun ilmu ekonomi umum. Di tambah lagi akunatnsi hanya sebagai score keeping (pencatat nilai) belum difungsikan secara luas karena dampak lingkungan akunatnsi. Globalisasi yang menyerang ke mana2 membuat semua disiplin ilmu harus segera menyesuaikan jika tidak mau disebut sebagai "MENARA GADING".

    Aku Baru Bisa Nerobos PAGAR>>>>

    temanku/saudaraku di Solo.....Ani Saa/BAPEMA/BPPI. Salam Mas Nur/Mas Hendar/Bu Yuni/Yosep/Tuanku Insinyur Lutfi/ Bu Her/Mas Wirya one cs/

    Kedekatan ilmu one terhadap masyarakat luas harus segera dijemput guna ikut mengatasi permasalahan di lapangan. Penelitian akuntansi harus sedekat mungkin dekat dengan praktek, sehingga penyesuaian dengan kurve normal menjadi tanda petik yang harus menjadi perhataian para peneliti.
    Nah itu juga menjadi perhatian para ahli statistik.....karena variable di lapangan itu sangat berbeda jauh dengan ketika kita menuliskan dalam konsep tertulis.

    Adjustment memang diperlukan maka yang paling penting adalah merumuskan indikator variabel yang bisa mencerminkan fakta di lapangan. Kadag kalla teori yang kita kutip sudah tidak berlaku di lapangan karena kecepatan perubahan. Coba bayangkan, ketika kita meneliti tentang variable "MOVING" paling sukar.....

    Moving apapun, yang biasa dilakuakn dengan penelitian observasi baik observasi wawancara maupun observasi quesioner. Memerlukan cara khusus...baik cara menuangkan kalimat pertanyaan maupun cara membuat KKP (Kertas Kerja Penelitian).

    Contoh:
    Begini>>>> Peneltian tentang: Pengaruh perubahan sistem akuntansi terhadap pemrosesan data keunagan menjadi laporan keuangan. Hal yang menjadi titik kritis dimana?

    Titik kritisnya ketika mencari/merumuskan indikator pemrosesan data.....

    Secara umu data itu diproses ada yang melalui siklus berantai, yakni urut dari a ke b baru ke c.

    Ada juga data itu diproses dari D menuju E namun harus melewati B dulu.....artinya proses bersyarat baru bisa berjalan....
    Meliat kondisi tersebut maka dalam perumusan indikator harus ekstra hati hati jika memang ingin diperoleh data yang valid....

    Proses juga dipengaruhi oleh waktu, yakni waktu tunggu, waktu simpan, waktu memindahkan. Indikator harus mengarah ke sana agar diperoleh data yang benar benar significant (berarti) melekat pada variabel yang di tuju.


    Contoh lagi.....berikut judulnya:

    Analisis Jenis informasi keuangan yang diperlukan untuk pengambilan keputusan pembelian saham.

    Studi Pustaka tentang: Perbandingan Standar Akunatnsi Pemerintahan dengan standar Akuntansi Keuangan dilihat dari Prinsip Penandingan (Matching Concept).

    Pengaruh Penerapan komponen SPI model COSO terhadap Potensi Penyimpangan Asersi Penyusunan Laporan keuangan. Studi Kasus Hasil Pemeriksaan Pada Kantor Akuntan se Wilayah Karesideanan Surakarta.









    BalasHapus
  3. Berikutnya Aku ksh lagi........Hadiah ULtahku Untuk Universitas Sebelas Maret 1976:

    ANA Lisis Pengaruh Perubahan Peraturan Perpajakan terhadap Perhitungan Pajak Penghasilan.

    Kajian kurikulum akuntansi guna mengetahui komposisi antara mata kuliah alat dengan mata kuliah teknis serta mata kuliah pendukung yang dibutuhkan dalam dunia kerja serta yang dibutuhkan untuk pengembangan ilmu akunatnsi.

    Kajian tentang Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi terhadap Teknik ABC Sistem.

    Kajian Pengaruh Surat Edaran Menteri Keuangan terhadap Penatausahaan Keuangan Bendahara Fakultas Ekonomi UNS.

    Kajian Pengaruh Perubahan Proses Produksi terhadap perilaku biaya, Studi Kasus Pabrik Karung Delanggu Klaten

    Kajian Uji coba sistem akuntansi Baru Untuk Mengetahui Kelemahan sistem Baru.

    Telaahan Sistem Akunatnsi Lama Untuk Mengetahui Model Sistem Akunatansi yang Tepat Sesuai Perubahan Proses Produksi Studi Kasus Pada Perusahaan Jasa Konstruksi PT Nindyah Karya

    Pengaruh perkembangan belanja daerah terhadap Silpa dalam 2006 s.d. 2018 di Pemda Madu Kismo

    Analisis Pengaruh Media Pembayaran Berbasis Teknologi dengan Kecepatan Penyusunan Laporan Kas.

    Survei untuk mengetahui jenis informasi keuangan yang dimanfaatkan dalam pengambilan keputusan pemegang saham.

    Analisis "before after" untuk mengetahui tingkat kecepatan pemrosesan data anatara sebelum dan sesudah penggunaan teknologi informasi guna menyusun laporan keuangan.

    Analisis Perbedaan Laporan Arus Kas dengan Laporan Kinerja Untuk Mengetahui Tingkat Produktivitas Titik Titik........

    Demikian semoga bermanfaat.trimaa ksh. Sekaligus salam buat pecinta ibu Dewi Frequensi DEPHUB , Direktur RADIO..... Indras WW , MM, drs. Badan Diklat PKN BPK RI DIY.

    BalasHapus

  4. TANGGAL: 12 Nopember 20-19:

    Alhamdulillah ketemu lagi.....dengan Warga MAGISTER AKUNTANSI UNS SOLO ini Dari Magister Management.......YAI Jakarta.....Nyuwun sewu......

    Memberanikan diri....tapi inilah wujud Globalisasi

    ___________________________________

    Pamor Akuntansi Manajemen semakin berkibar Selaras Berkembangnya Perdagangan Dunia: Proyeksi Menuju Era Revolusi Industri 4.0.
    ________________________________________
    ________________________________________

    Fungsi manajemen :planning, organizing, actuating serta controlling, feed back memerlukan data maupun informasi untuk menjalankannya. Akuntansi Manajemen yang menyediakan informasi untuk keperluan tersebut. Era Revolusi Industri ke empat inilah peran akuntansi manajemen semakin meningkat pamornya untuk pengambilan keputusan atas fungsi manajemen tersebut.
    Contoh : Keputusan untuk merancang perencanaan program maupun kegiatan diperlukan informasi sumberdaya baik material, uang maupun SDM, demikian pula untuk pengambilan keputusan kegiatan actuating. Dst.

    Dengan ciri kecepatan pelayanan di berbagai bidang, maka era ini sangat diperlukan data maupun informasi yang diproses di bagian Akuntansi Manajemen.

    Perdagangan dunia yang makin mengglobal maka akan makin mendesak kebutuhan akan akuntansi manajemen. Selain desakan kebutuhan data/informasi untuk proses produksi barang/jasa juga karena desakan persaingan dagang baik dalam perebutan pangsa pasar maupun tantangan inovasi para pesaing baik sehulu maupun sehilir.

    Dahulu kalla proses pengumpulan data maupun informasi masih sangat manual hingga kadang kecepatannya untuk "Antisipasi" sesuatu agak kurang efektif. Tanpa data/informasi yang handal sulit kita dipercaya oleh pihak yang memerlukan kita. "TRUST" menjadi ujian kompetensi kita dalam melayani pelangggan baik yang riil maupun yang potensial.

    Produk data/informasi itu bisa menjadi mahal serta bisa mengangkat peringkat kita di kompetisi yang semakin global ini. Manajemen perlu data yang ringkas, tepat, mudah dipahami, serta mudah diolah untuk berbagai keperluan. Maka "big data" menjadi sesuatu kebutuhan yang harus disiapkan oleh akuntansi manajemen.

    Big Data sifatnya umum namun bisa diolah untuk di "sharing" menjadi beberapa keperluan, seperti kebutuhan perhitungan sesuatu, untuk kebutuhan statistik, untuk proyeksi, diolah berbagai cara....

    Contoh: Manajemen memerlukan data untuk biaya diarea pemasaran baru,juga data untuk melihat contribusi margin jenis2 produk yang dijual, perlu data untuk mengarahkan wilayah pemasaran mana yang harus di "genjot".

    Perlu data untuk mengarahkan (direct attention) segmen manakah yang akan di incar sebagai konsumen; Untuk mengarahkan (variabel bebas) apakah memperbaiki media dan atau conten produknya.
    Berbeda dengan akuntansi keuangan yang lebih taat dengan standar akuntansi keuangan, namun akuntansi jenis ini dia lebih elastis, menyesuaikan karakteristik kebutuhan manajemen. Unsur seni dalam pengambilan keputusan menjadi ciri khas pengelolaan akuntansi manajemen. Aspek psikologis menjadi acuan para pelaku ketika praktek jenis ini untuk menggapai visi, misi serta goals organisasi. Kemudian diterjemahkan dalam penyusunan program, kegiatan, anggaran pelaksanaan, pengawasan,serta tindak lanjut.

    Semangkin mengglobal dunia ini maka tepatlah kalo pamor akuntansi manajemen sangat menentukan keberhasilan organisasi sekaligus keberhasilan para pemegang saham....


    Baik dicerminkan dalam pertumbuhan earning per share; maupun pertumbuhan EBIT serta harga saham di pasar modal dari tahun ke tahun.

    trimaa ksh....6281567622235 iin - anisa Sedayu Bantul.....

    BalasHapus
  5. Soal Jawab: REFERENSI DI: Humas Perpustakaan Badan Diklat PKN BPK RI DIY: (PANDUA ONE UJIAN PENDADARAN)

    Apa implikasi dari perbedaan laporan arus kas dengan laporan kinerja?

    Anggaran berbasis kinerja akan mengarahkan ke mana, apakah ke laporan kinerja dan ataukah ke laporan arus kas?


    Perlukah di Evaluasi Princip Dasar Akunatnsi yang melandasi praktek akuntansi guna menyongsong era Revolusi Industri?

    Mengapa Pengelolaan Anggaran Pendapatan dengan Pengelolaan Anggaran Belanja di Pemerintah Pusat/Daera terpisah, hingga apa implikasi berikutnya bila demikian?

    Apa bedanya akuntansi sebagai teknik dengan akunatsi sebagai ilmu, dan saat kapan keduanya bias bertemu?

    Apakah standar akuntansi itu suatu ilmu dan ataukan pandu an teknik akuntansi?

    nanti berikutnya...menjadi PR Dulu...

    Tim: Pitit UI: Atiek Sadar; Roy; Yogi Kaltara; Nuri (UAD); Joko Winarno, Msi : dra. Asih WarsiniDst)

    BalasHapus